Tuesday 14 January 2014

Indahnya Alam dan Laut Pulau Tunda !


yoow youw. kembali lagi dengan saya dan para travellers jancuk! Jalan-jalan cuk!
kali ini liburan semester diisi dengan wisata ke sebuah pulau yang sangat-sangat-sangat indah. yaitu pulau tunda. kali ini gue berangkat membawa 16 anggota yang terdiri dari 7 laki-laki dan 9 perempuan. oke deh sebelum bahas keindahan pulau tunda kita harus kenal dulu dan tahu dimana pulau tunda itu? dan bagaimana caranya agar kita dapat pergi kesana?.
okeh cuk, Pulau Tunda, merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di Laut Jawa, yakni di sebelah utara Teluk Banten. Pulau ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Serang, Banten. Luas Pulau Tunda ya kurang lebih sekitar 300 hektare. gila cuk, gue aja sebagai orang serang kurang begitu mengenal pulau tunda. maklum tinggalnya agak di kota :D hehe. tapi karena penasaran berangkatlah kita kesana. 
terus gimana cara kita kesana? nah kalau mau nyebrang ke pulau tunda paling nyaman atau dekat yaitu dari dermaga karangantu tempatnya di daerah banten lama. terus nyebrangnya naik apa? oke, kalo buat para backpacker kayak gue, gue sih lebih milih naik perahu penumpang pulau tunda-karangantu. atau perahu buat umum bukan sewaan, namanya pulau tunda express. ongkosnya Rp. 16.000, dan lama perjalanan sekitar 2 jam dari dermaga. tapi perahu ini cuma ada hari SENIN, RABU, DAN SABTU. so, kalau lu mau kesana pulang pergi dalam satu hari ya gk bisa. kan perahu penumpangnya ada 3 hari sekali dari pulau tunda dan katrangantu. kalau mau berangkat harus hari itu (senin, rabu, sabtu), pulang pun sama, dan kalian bisa menginap di homestay atau villa disana. tenang aja cuk, warga disana ramah-ramah dan pasti berasa tinggal di kampung sendiri dengan laut dan alamnya yang indah!


mari kita bahas keindahan pulau tunda! jreng jreeeng :D
sebagai warga serang yang hobi jalan-jalan, menurut gue pulau tunda merupakan tempat ter-keren dan ter-alami yang pernah gue kunjungi. karena emang masih jauh dari keramaian, dan kemewahan. dunia bawah lautnya juga wow., pecaaaahh, keren. langsung bikin jatuh cinta gitu :D hehe  


disana kalian bukan cuma bisa snorkeling, mancing ikan atau menikmati alam bawah laut, kalian juga bisa menjelajah pulau yang masih alami dengan track yang udah bagus. jadi gk bakalan tersesat cuk. 


untuk snorkeling, kalau kalian gak punya atau gak bawa alat snorkeling, kalian bisa menyewa alatnya disana. dengan mengeluarkan rupiah sebesar Rp. 45rb (lengkap). dan untuk spot snorkeling, hampir di sekeliling pulau semua tempat bisa buat snorkeling, karena pulau tunda di kelilingi terumbu karang yang indah cuk, jadi pas kalian bangun tidur kalian gk usah nyari tempat jauh-jauh, langsung nyebur aja :D hehe. tapi kalau mau nyari yang lebih bagus, kalian bisa ke pantai utara pulau tunda atau titik lain yang khusus buat snorkeling. (bisa tanya penduduk atau pemandu snorkeling disana)


pas kalian mulai snorkeling, beuhh gk bakalan bosen cuk, dan dijamin kalian gak bakalan rela buat pergi dari situ :D hehe. dan berasa waktu 3 hari gak cukup buat menikmati keindahan pulau tunda yang mempesona, keren dan pecaaah abis!

buat para backpacker seperti gue, pulau tunda itu adalah surga kecil yang super keren. gak butuh dana banyak, kalian sudah bisa menikmati keindahan alam dan keramahan penduduk pulau tunda yang keren abis. dan yang terpenting kalian bakalan merasakan sensasi tinggal di kampung sendiri. saran dari gue sih kalau mau pergi kesana pas musim panas gitu, jadi ombaknya lebih tenang dan kalian bisa bebas menyelam :D dan yang terakhir jangan membayangkan pulau tunda banyak terdapat wahana atau seperti tempat-tempat hiburan, karena disana masih sangat-sangat alami dan cocok buat gue yang merupakan traveller super alami :D hehe 

so, masih mau Nunda liburan ke Pulau Tunda?

Salam Jancuk! Jalan-jalan Cuk!


No comments:

Post a Comment